Friday, March 1, 2013

teknologi Yamaha YMJET-FI

Bro sekalian, dari Judul sudah jelas banget bahwa Dalam Acara Workshop Injeksi Warung Yamaha Kemarin bahwa Yamaha sudah memulai Kampanye pengenalam Product Knowledge tentang Sistem Injeksi Yamaha Yang bernamaYMJET-Fi. Sistem Injeksi ini cukup berbeda dengan Sistem Injeksi yang di benamkan di Yamaha V-Ixion. Apa Aja Bedanya Bro . . . Okeh kita mulai bersama ya . .




Karakteristik Pertama adalah Sistem ini punya dua Jalur air intake(jalur udara) Bro bisa lihat di Gambar atas bahwa Udara Yang akan digunakan untuk pembakaran memiliki dua passage atau dua Jalur Yakni . . . Main Intake Passage dan Air Assist Pasage. Lho pake dua dua segala . . . emang apa sih Fungsinya bro? jadi gini Air Assist passage digunakan saat motor berada dalam keadaan Iddle atau rpm rendah atau saat Pelintiran Gas ditutup.Tujuannya apa? Biar pembakaran saat Iddle nggak terlalu hambur hambur alias boros . . . So Misinya adalah . . . EFESIENSI BAHAN BAKAR !!Lha Koq Motor tau aje sat mesin Iddle? Nah kalo itu tugasnya sensor dah . .. Yang pasti Saat Iddle atau rpm rendah udara masuk ke ruang bakar nggak liwat main passage tapi jalur lain yang lebih kecil. Lha gimana caranya udara nggak masuk ke Main passage . . . Nah ini adalah penjelasan dariKarakteristik ke dua yakni Sistem ini memiliki dua klep Throttle yakni Upstream dan Downstream Throttle Valve . . . nggak mudeng juga? silahkan simak Video berikut ini Saat rpm rendah, Klep DownStream nutup, Klep Upstream tetep kebuka sehingga udara masuk Via Air Assist Pasage. Nah baru deh saat gas dibetot, udara masuk Via Main Air Intake Passage karena Klep downstream kebuka . . . Wah . . . sistem tahu kapan saat betot gas menghasilkan performa tinggi dan sistem tau kapan kudu harus hemat bahan bakar . . . smart !!tunggu dulu belom selesai . . . di sistem yamaha M-Jet Fi ini sistem dan pola penyemprotan bahan bakar oleh Injector pun berbeda dengan V-Ixion ataupun sistem Injeksi konvensional lainnya . . . Jika sistem Injeksi Konvensional semprotan bbm dari Injector serupa dengan rintik rintik hujan . . . namuan di sistem Yamaha Jet Fi . . . hasil semprotannya lebih seperti asap dengan tingkat atomisasi lebih kecil. Bentuk sebarannya tidak satu dimensi namun lebih berupa swirl atau turbulensi . . . Nah usaha men-swirl kan semprotan bbm di ruang bakar ini sebenarnya nggak terlalu asing. Di Sistem Karburator Suzuki kita pernah tau namanya Sistem TSCC atau twin swirl Combuston Chamber dan sistem serupa juga ditemukan di sistem pengabutan nya motor Bajaj yakni DTS-SILha emang kelebihan adanya twin Swirl apaan sih? Atomisasi hasil Pengabutan Udara-BBM lebih kecil (lebih berukuran mikro) . . . sehingga pembakaran bisa lebih sempurna dan emisi lebih baik !! mantabb . .. . Gimana Bisa begini? Yup bisa bro lihat . .. itu arah semprotan Injector langsung menuju ke ruang bakar, berbeda dengan beberapa sistem injeksi konvensional yang berada di saluran Intake.Kenapa sih Yamaha butuh sistem kayak beginian . . . Pak Eko Prabowo GM Promosi Menjelaskan satu alasan Utamanya yakni . . . Yamaha Pnya DNA Mindset Performa yang Kuat, so bagaimana bisa menghasilkan suatu Motor yang bisa efesien sehingga Ramah Lingkungan secara emisi namun Secara Performa tetep Jago . . . nahhh YMJet-FI salah satu Solusinya . . . Gak kebayang V-Ixion yang segitu iritnya kalo pake sistem Injeksi YMJET-Fi dan disinyalir sistem ini akan diaplikasikan ke Produk barunya yamaha


No comments:

Post a Comment